Polisi Panggil Anies Baswedan soal Kerumunan Acara Rizieq Shihab Pukul 10.00
January 29, 2021 By Cynthia Off

Polisi Panggil Anies Baswedan soal Kerumunan Acara Rizieq Shihab Pukul 10.00

Polda metro jaya panggil gubernur dki jakarta anies baswedan. Selasa pagi (17/11/2020). Panggilan anies dikerjakan selaku cara klarifikasi pada rangkaian keramaian pada acara rizieq shihab beberapa lalu.

 

“kita klarifikasi untuk aktivitas yang telah dikerjakan. Kita klarifikasi untuk posisi sesungguhnya.” kata direktur reskrimum polda metro jaya kombes tubagus ade hidayat waktu diverifikasi. Senin 16 november 2020.

Dalam surat dengan nomor b/19925/xi/res.1.24/2020/ditreskrimum. Anies baswedan disuruh menjumpai penyidik di ruangan unit v subditkamneg ditreskrimum polda metro jaya pada selasa 17 november 2020 jam 10.00 wib.

Kepala seksi humas mabes polri irjen argo yuwono menjelaskan. Perlakuan anies baswedan mempunyai potensi memunculkan pidana. Tetapi hal tersebut perlu diklarifikasi terlebih dahulu.

“kita akan kerjakan klarifikasi dengan sangkaan tindak pidana pasal 93. Uu ri nomor 6 tahun 2018 mengenai karantina kesehatan.” kata argo waktu temu jurnalis di mabes polri jakarta. Senin 16 november 2020.

Dijumpai pasal 93. Mengeluarkan bunyi tiap orang yang tidak patuhi penyelenggaraan kekarantinaan kesehatan seperti diartikan dalam pasal 9 ayat (1) dan/atau menghalangi penyelenggaraan kekarantinaan kesehatan hingga mengakibatkan kedaruratan kesehatan warga dipidana dengan pidana penjara paling lama 1 (satu) tahun dan/atau pidana denda terbanyak rp 100.000.000.00 (100 juta rupiah).

Saat itu. Gubernur dki anies baswedan akui tidak tinggal diam dengan serangkaian giat rizieq shihab. Ia mengaminkan akan berlangsung kekuatan keramaian waktu giat itu terwujud.

Karena itu. Anies melakukan tindakan dengan bersurat ke wali kota jakarta pusat untuk berikan teguran terhdap aktivitas rizieq shihab.

“tempo hari. Wali kota jakarta pusat mengirim surat mengingati jika ada ketetapan yang perlu ditaati dalam kegiatan-kegiatan.” kata anies di gedung dprd dki jakarta. Senin 16 november 2020.

Anies sayangkan. Surat peringatan itu kenyataannya tidak diacuhkan rizieq. Hingga acara masih diadakan dan berjalan dengan keramaian.

Anies memperjelas. Ia pun tidak tinggal diam dengan pengacuhan surat itu. Faksinya juga mengambil langsung cara denda rp 50 juta ke rizieq. Selaku wujud ancaman.

“rp 50 juta itu membuat sikap. Sebab demikian orang dengan rp 50 juta. Beda sikapnya dengan ancaman rp 50.000 – rp 200.000.” tandas anies.

Wakil gubernur dki jakarta ahmad riza patria memperjelas. Faksinya tidak biarkan keramaian. Tetapi telah memberikan anjuran sampai menangani pelanggar.

“berkaitan petamburan kami selaku pemprov telah menyarankan. Minta. Bertandang ke. Bahkan juga menyuratkan. Selanjutnya saat ada pelanggaran kami tindak. Diberi ancaman yang paling tinggi rp50 juta. Jika diulangi kembali rp100 juta.” kata riza. Senin (16/11/2020).

“yang berkaitan (rizieq) tidak menentang. Tidak bela diri. Terima ancaman ini dengan sportif dan lega dada bahkan juga bayar langsung secara tunai.” sambungnya.

Gubernur dki anies baswedan menetapkan kembali lagi psbb peralihan di jakarta. Faktanya pelandaian masalah harian corona habis pengetatan psbb.